Bronzer: Apa Itu Bronzer dan Kegunaannya

apa itu bronzer dan kegunaannya

Bronzer: Apa Itu Bronzer dan Kegunaannya

Berbicara tentang make-up memang tak pernah ada habisnya. Banyaknya produk make-up dengan fungsi yang hampir mirip-mirip, kadang membuat orang awam bingung bagaimana sebenarnya penggunaan produk make-up itu sendiri.

Contoh produk make-up yang sering dibingungkan fungsinya adalah bronzer dan contour. Beberapa orang menganggap bronzer dan contour adalah dua hal yang sama, sebagian orang lagi malah baru tahu bahwa ada kosmetik seperti bronzer yang bisa menciptakan look kilau alami pada wajah.

Lantas, apa sebenarnya itu bronzer, bagaimana penggunaannya, dan apa bedanya dengan contour? Yuk, simak artikel berikut untuk tahu lebih lengkapnya!

Sekilas tentang bronzer dan kegunaannya

apa itu bronzer dan kegunaannya

Bronzer adalah make-up item yang dapat memberikan sentuhan hangat pada wajah, seperti efek bekas berjemur di bawah matahari. Hal ini membuat wajah tampak lebih eksotis, fresh, dan glowing. Bronzer sering dipakai oleh make-up artist untuk menyempurnakan hasil akhir overall make-up look.

Bronzer sebenarnya juga mirip dengan blush on, hanya saja pilihan warnanya cenderung lebih kecokelatan. Maka dari itu, kamu harus berhati-hati dalam memilih shade bronzer agar wajahmu tidak terlihat terlalu hitam terbakar, terutama bagi yang berkulit gelap.

Manfaat Bronzer untuk Wajah

Beberapa manfaat lain menggunakan bronzer sebagai finishing make-up, antara lain: 

Memberikan tampilan kulit yang sehat

Seperti yang disebutkan sebelumnya, bronzer dapat memberikan efek hangat pada kulit. Hal ini bukan menciptakan tan yang kusam, justru membuat kulit jadi tampak sehat dan bercahaya.

Menyamarkan ketidaksempurnaan

Apabila diaplikasikan secara tepat, bronzer dapat menyamarkan ketidaksempurnaan pada wajah, seperti noda bekas jerawat atau kemerahan. Setelah menggunakan foundation atau concealer, kamu bisa menambahkan sedikit bronzer untuk tampilan wajah semakin falwless. 

Menetralkan tone wajah

Selain dapat membuat wajah terlihat glowing, sehat, dan eksotis, bronzer juga sering digunakan untuk menetralkan tone down warna foundation atau bedak yang terlalu terang.

Perbedaan Bronzer dan Contour

Masih banyak orang yang menganggap bronzer sama dengan contour,  padahal keduanya punya peran masing-masing untuk kebutuhan make-up. Lalu, apa sebenarnya perbedaan bronzer dan contour? 

Beda fungsi

Berbeda dengan contour yang berfungsi untuk mempertegas struktur dan menciptakan ilusi pada wajah, bronzer justru berfungsi untuk memberikan gradasi tertentu pada wajah agar riasan tampak lebih hidup. Jadi, jika ingin tampilan wajah glowing ala efek sun-kissed, kamu bisa menggunakan bronzer. Namun, apabila ingin menegaskan tulang pipi, maka produk contour adalah pilihan yang tepat.

Area pengaplikasian yang berbeda

beda bronzer dan contour

Sumber gambar: pinterest by pierrerene.pl

Selain itu, perbedaan utama antara contour dan bronzer terletak juga pada area pengaplikasiannya. Mengaplikasikan bronzer tidak terlalu rumit. Bronzer diaplikasikan ke area wajah yang lebih luas, seperti bagian atas dahi, tulang pipi, ujung dagu, dan pangkal hidung.

Sementara untuk contour sendiri, contour diaplikasikan di area yang cenderung lebih spesifik, yaitu area-area yang membutuhkan penegasan pada struktur wajah, seperti di bawah cekungan tulang pipi, kedua sisi hidung, atau di dahi. 

Cara pakai yang beda

Cara aplikasi bronzer lebih simpel dari contour. Kamu bisa langsung ambil produk secukupnya dengan brush berukuran besar, seperti powder brush atau kabuki brush. Setelah itu, baurkan brush pada area yang diinginkan. Baurkan dengan gerakan memutar agar warnanya terdistribusi dengan rata dan hasilnya tidak belang.

Sementara contour, karena perlu diaplikasikan ke spot yang lebih detail, contour perlu diaplikasikan dengan brush yang berujung lancip atau menggunakan beauty blender. Setiap orang biasanya memiliki cara contouring tersendiri. Beberapa orang menerapkan teknik cat contouring dengan memulaskan tiga garis tipis contouring pada pipi. Teknik ini membuat contour lebih mudah dibaurkan, dibandingkan memblok pipi dengan produk. 

Baca Juga: Buttonscarves Beauty: Easy-Peasy Blending Make-up Sponge

Bronzing Stick yang Praktis dari Buttonscarves Beauty 

Everyday Bronzing Stick Buttonscarves

Nah, jika kamu sedang mencari bronzer, Everyday Bronzing Stick dari Buttonscarves Beauty dapat jadi pilihan yang tepat untukmu. Berbeda dari bronzer kebanyakan, Everyday Bronzing Stick dibuat dalam bentuk stick yang mudah digunakan. Bentuk stick ini memudahkan pemakaian, karena bronzer Buttonscarves Beauty dapat langsung diaplikasikan dari tube ke area wajah yang diinginkan. Setelah diaplikasikan, kamu bisa blend dengan brush dan tap-tap menggunakan tangan. Selain itu, ukuran kemasan bronzer ini juga mudah digenggam, sehingga mudah dibawa ke mana-mana atau diselipkan ke dalam pouch make-up.

Everyday Bronzing Stick memiliki formula yang ringan dan mudah dibaurkan. Teksturnya yang lembut juga membuat finish look wajah tampak lebih mulus. Terlebih, Everyday Bronzing Stick dengan formula inovatifnya dapat menyerap sebum atau minyak berlebih dan secara bersamaan dapat menjaga kulitmu tetap terhidrasi.

Shades bronzer Buttonscarves Beauty

Pilihan Shade Everyday Bronzing Stick Buttonscarves Beauty

Everyday Bronzing Stick Buttonscarves Beauty terdiri dari berbagai varian shades. Mulai dari espresso, latte, hingga mocha. Ketiga shades tersebut merupakan gradasi dari warna cokelat yang indah, cocok digunakan pada kulit orang Indonesia, seperti kuning langsat dan sawo matang. 

Baca Juga: Ini Dia Cara Memilih Brush Make-up yang Bagus untuk Pemula

Yuk, tunggu apa lagi? Dapatkan natural matte looking dan sun-kissed glow dengan menggunakan Everyday Bronzing Stick dari Buttonscarves Beauty! Tak perlu risau akan kilau hanya terpancar sesaat, karena bronzer dari Buttonscarves Beauty ini diformulasikan long-lasting, sehingga menggunakannya akan membuat wajah tampak sehat dan berkilau sepanjang hari. 

Bagi kamu yang ingin membeli Everyday Bronzing Stick atau mungkin kebutuhan face make-up lainnya, bisa langsung kunjungi online store Buttonscarves Beauty dan offline store Buttonscarves terdekat, ya! 

Back to blog

Latest articles

6 Rekomendasi Lipstick Matte Tahan Lama dan Formula Terbaik

6 Rekomendasi Lipstick Matte Tahan Lama dan Formula Terbaik

Daftar Kandungan Skincare yang Tidak Boleh Dipakai Bersamaan

Daftar Kandungan Skincare yang Tidak Boleh Dipakai Bersamaan

Warna Jilbab yang Cocok dengan Baju Coklat

Warna Jilbab yang Cocok dengan Baju Coklat

Apa Saja Warna Jilbab yang Cocok dengan Baju warna Biru? Cek di sini!

Apa Saja Warna Jilbab yang Cocok dengan Baju warna Biru? Cek di sini!

Apa Itu White Cast dan Cara Mengatasinya

Apa Itu White Cast dan Cara Mengatasinya

Fungsi dan Manfaat Lip Balm untuk Kesehatan Bibir

Fungsi dan Manfaat Lip Balm untuk Kesehatan Bibir

Ide OOTD dengan Tas Rotan Agar Semakin Stylish

Ide OOTD dengan Tas Rotan Agar Semakin Stylish

bahan baju renang

Pakaian Renang Terbuat dari Bahan Apa? Cek Rekomendasinya di sini

Rekomendasi Parfum Wanita yang Wanginya Lembut dan Tahan Lama

Rekomendasi Parfum Wanita yang Wanginya Lembut dan Tahan Lama

Apa Itu Perbedaan Matte, Glowy dan Glossy Makeup?

Apa Itu Perbedaan Matte, Glowy dan Glossy Makeup?

All articles

Categories

Beauty Fashion Other